Utees.me: Sebuah gambar untuk Papa

uteesme-banner

Hidup itu terdiri dari kumpulan-kumpulan mimpi, hayalan, yang bahkan kita sendiri sudah melupakan hal tersebut selama bertahun-tahun sampai tiba-tiba ia mewujud jadi nyata. Lalu kita dikagetkan ternyata apa yang kita alami sudah pernah kita ucapkan beberapa tahun yang lalu. Salah satu mimpi yang tidak pernah saya sadari adalah, saya sangat menginginkan untuk memiliki sebuah custom tshirt, yang designnya saya buat sendiri, ekslusif hanya saya, tidak ada orang lain.  Mimpi yang sederhana, sebenarnya.

Tahun 1989, beberapa minggu menjelang lulus SD, saya bertemu dengan seorang paman, adik dari ibu saya, yang menurut pengakuannya dia memiliki usaha sablon baju. Singkat cerita, saya minta ke dia untuk dibikinkan sebuah baju yang gambar depannya saya bikin sendiri. Saya berhayal, pada saat hari perpisahaan SD nanti saya menggunakan kaos custom, tentu akan sangat membanggakan. Hayalan yang sederhana, sebenarnya.

Ternyata hayalan sederhana itu tidak terwujud, padahal saya sudah memberikan design kaos impian tersebut. Entah apa alasannya, yang jelas kaos itu tidak pernah jadi. Saya kecewa, kecewa yang tidak sederhana, sebenarnya.

Tetapi, percaya atau tidak, hal yang dimimpikan itu biasanya akan mencari cara untuk mendatangi kita. Law of attraction. Awal bulan Desember saya membaca postingan tentang utees.me di twitter. Mereka menawarkan design tshirt online. Kedengarannya kok asyik, ya? Begitu saya berkunjung ke website mereka, ternyata lebih banyak lagi hal menarik yang saya temui. Misalnya, kaos yang kita design tersebut bisa langsung dijual secara online di situs utees.me lalu kita akan mendapat reward apabila kaos itu laku. Jadi selain bisa membuat design tshirt sendiri, di utees.me kita juga bisa membeli kaos yang designnya dibuat oleh teman-teman lain, tinggal memilih di kategori yang diinginkan, misalnya Lifestyle, Sport, Romance, Junior Tees, dan lain-lain. Custom? Tentu saja.

Nationalism is a new sexy

Nationalism is a new sexy

Custom design, gambar, adalah sebuah ide, dan selama belum diwujudkan, ide itu “murah”. Bahkan saat berhasil diwujudkan pun, banyak ide yang menjadi murahan. Saya tentu tidak mau itu. Yang saya inginkan adalah sebuah custom tshirt yang original saya, ekslusif saya, dan hanya saya yang pantas mengenakannya, tidak pada orang lain. Bagi saya, itulah arti custom yang sebenarnya, sederhana yang tidak sederhana.

Saya tidak punya bakat menggambar, bahkan untuk memadukan warna pun saya tidak pandai. Lalu bagaimana saya bisa membuat design tshirt? Berkali-kali mencoba, entah itu gambar yang biasa ataupun cuma tulisan dan quote sok bijak, tetap tidak bisa memuaskan hati. Bukan bagus atau tidaknya design itu, tapi intinya, saya tidak puas. Tidak ada kebanggaan rasa custom yang saya dapatkan pada beberapa design saya.

Dalam kebuntuan berpikir, saya malah menemukan sebuah gambar yang amat sangat sederhana, sangat biasa, bahkan hanya berupa coretan-coretan secara acak. Nah, kenapa tidak coretan ini saja yang saya jadikan print tshirt? Kali ini saya sangat bersemangat. Berlembar-lembar kertas yang berisi coretan itu saya kumpulkan, saya teliti mana yang paling cocok untuk ditampilkan di dada. Iya, harus di dada, karena inilah kebanggaan bagi saya. Kebanggaan yang tidak sederhana.

Akhirnya saya selesai menentukan coretannya mana, tidak perlu diedit, harus orisinil, mungkin hanya perlu dicropping sedikit. Menu design your own tshirt sangat mudah dipahami. Template design yang disediakan sangat membantu, saya hanya perlu mengupload gambar yang bertype JPG atau PNG lalu mengatur peletakannya. Kita bisa menempatkannya di bagian depan atau belakang kaos. Ada juga menu text kalau ingin menambahkan tulisan. Oh iya, ada tiga pilihan model kaos, buat laki, perempuan, dan anak-anak, dengan beberapa pilihan jenis warna.

Tidak perlu lama saya sudah selesai memasukkan custom design saya di web utees.me. Apabila kita memilih menu published, maka kaos kita akan muncul dan dijual bebas di web. Di situ saya sengaja memilih menu “not published” karena sekali lagi, kaos ini sangat spesial, yang menjadi inspirasi bagi saya.

Ada hal lain yang membuat terkesan di utees.me, yaitu kecepatan pelayanan. Saya membeli kaos itu secara online pada tanggal 21 pagi hari, siangnya saya mendapat notifikasi email bahwa kaos sedang dalam proses pengerjaan. Oke pada tahap ini saya belum terpesona. Sorenya saya mendapat notifikasi melalui email lagi bahwa kaos saya telah dikirim. Tahap ini saya mulai mengangkat alis, hmmm cepat juga ya. Yang benar-benar menyenangkan adalah besoknya tanggal 22 siang, kurir dari JNE datang ke rumah membawakan pesanan saya dari utees.me. Terus terang saya benar-benar surprised.

Deg-degan saya membuka bungkusnya, melihat custom tshirt saya dengan rasa haru lalu langsung mengenakannya dengan sangat bangga. Iya, inilah custom tshirt saya yang pertama, yang benar-benar custom, karena gambarnya dibuat oleh anak saya yang berusia 1 tahun 9 bulan. Terimakasih utees.me, you make one my dream comes true.

DSC03911-01

Leave a Reply

%d bloggers like this: