Sambilngopi: Kopi Dimana?

Apalah arti sebuah nama? Ungkapan ini terkenal dari Shakespeare, kan? Iya, kan? Gw tidak sependapat dengan ungkapan ini. Karena nama dan bentuk haruslah menyatu. Nama mendeskripsikan bentuk, dan bentuk akan jelas terbayang dalam ingatan kita melalui sebuah nama.

Kopi Dimana? Nama yang menjadi perdebatan gw dan teman-teman. Seharusnya Kopi Di Mana? Menggunakan spasi, bukan “dimana”. Adalah sebuah tempat ngopi nongkrong yang baru buka kembali di jalan Bangka XI PAV 18, Kemang, Jakarta Selatan. Sebelumnya Kopi Dimana? pernah membuka gerai di Jalan Benda, Kemang. Gerai mereka yang pertama di Jalan Benda, gw belum sempat datang. Jadi di sini gw gak akan membandingkan seperti apa mereka dulu dan seperti apa mereka sekarang.

Sekitar awal November 2015, gw dan teman-teman berkunjung ke sana. Mencari jalan Bangka XI bukanlah perkara yang susah, bisa menggunakan Google Maps. Hanya saja menemukan lokasi mereka, saat itu, agak sedikit membingungkan, karena belum ada tulisan apapun yang biasa terdapat di setiap toko, tempat usaha, ini hanya tempat yang gelap, bangunan depan yang setengah jadi, dan banyak mobil/motor parkir. Hal itu saja yang membuat gw berani masuk dan nanya, “Ini Kopi Dimana?”

Di dalam, interior designnya unik sih, mencoba menjual nuansa yang beda. Ada panggung kecil untuk orang perform, yang letaknya…. Wah bingung gw jelasin, lu liat aja deh di fotonya tuh.

DSC_9286

Oh iya, begitu masuk, sebelum memilih tempat duduk, tolong perhatikan langkah ya, gw serius banget. Ada turunan lantai yang bisa bikin orang jatuh, lho. Apalagi bagi cewek yang pake high heels, bisa runyam urusannya.

Ruangan untuk duduk ada dua lantai, satu di bawah panggung, satu lagi sedikit di atas panggung. Jumlah kursi lebih banyak di lantai atas. Jumlah total ada berapa meja ya? Wah gak sempat ngitung gw. Sorry, hehe.

Dari sisi F&B, nothing really special, sih, menu yang biasa ditemukan di banyak coffee shop yang lain. Lalu apa yang menjadi keunikan Kopi Dimana? Menurut gw, dengan adanya panggung live music, mereka menawarkan dan lebih memosisikan diri sebagai tempat nongkrong yang hore-hore. Jadi kalo lu datang untuk ngobrol serius atau meeting santai, Kopi Dimana? kurang cocok untuk itu. Terus terang soundsystemnya kekencengan sih volumenya. Gw dan temen-temen sampai setengah teriak untuk ngobrol, padahal satu meja..

Jadi kalo lu ingin tempat nongkrong khas anak muda yang asyik, tempat ngopi di Jakarta Selatan sambil menikmati hiburan live music sederhana, dan canda teman-teman, coba deh di Kopi Dimana?

Satu lagi, pada malam-malam tertentu, akan ada Tarot Reading yang dilakukan oleh @bentarabumi, and some friends said Bumi is a good tarot reader.

Bisa juga sih kalian datang saat gak ada live musicnya. Nah mengenai ini tanya ada langsung ke admin @kopidimana

Leave a Reply

%d bloggers like this: