Sambil ngopi di Saudagar Kopi, “Because you deserves a good coffee”

Pojok yang cocok untuk pacaran

Banyak alasan untuk ngopi: ngantuk, ketagihan, ingin yang anget-anget, kabur dari rutinitas (biasanya ini bagi para pekerja yang lagi jenuh dengan kerjaannya), dan lain-lain, dan lain-lain.

Banyak tempat yang mengkhianati kata “ngopi”. Karena ternyata di tempat ngopi itu, kopi hanyalah sajian kedua. Yang jadi menu utama malah yang lain. Anyway, apapun itu alasannya, dengan perkembangan budaya dan konsumerisme, kata “ngopi” bukan lagi  cuma sekedar ngopi -minum kopi. Saya yakin di antara ribuan kostumer tempat ngopi, bahwa yang benar-benar mengerti dan menikmati rasa kopi hanyalah sebagian kecil saja. Selebihnya adalah para kostumer yang menikmati suasana nongkrongnya, nongkrong dalam kesendirian bersama laptop, atau nongkrong bersama teman-teman. Ngopi hanyalah istilah untuk ngumpul-ngumpul di coffee shop. Toh bisa pesen minuman lain selain kopi.

Banyak tempat ngopi enak di Jakarta. Salah satunya adalah Saudagar Kopi, di Jl H Agus Salim 26F, Sabang, Jakarta Pusat. Jalan ini lebih terkenal dengan nama Jalan Sabang, walaupun sekarang secara resmi bernama Jl H Agus Salim. Jalan Sabang adalah salah satu pusat kuliner di Jakarta Pusat.

Saudagar Kopi, tempatnya nyempil di antara deretan ruko yang ada, agak sulit menemukannya bagi yang tidak biasa lewat jalan Sabang. Biar lebih gampang, begitu sampai di depan Robinson, tanya aja dengan tukang parkir. Tidak jauh dari situ kok.

Saya juga menemukan coffee shop ini secara tidak sengaja. Awalnya saya lewat, jalan kaki, lalu ngeliat ada dua atau tiga bangku kecil di depan pintu, persis di samping trotoar jalan Sabang, dan tertulis di atasnya: Saudagar Kopi. Hmm.. kok ya menarik ya? Sore-sore  ngopi sambil menikmati hiruk pikuk jalan yang legendaris itu.

Saya masuk, wah tempatnya sederhana tapi ada rasa nyaman yang langsung saya rasakan. Kebetulan saat itu tidak begitu rame, tapi gak tau ya kalo misalnya lagi full house, apakah akan terasa berisik dan sempit.

Inside Saudagar Kopi

Inside Saudagar Kopi

Ada sekitar 13 meja yang tersedia, dan satu spot sofa empuk, yang cozzy dan pas buat pacaran atau PDKT. Dengan catatan jangan sampai kamu ngajak gebetan, duduk di sofa itu, nembak, terus ditolak dengan alasan “kamu terlalu baik buat aku”.

Maka sofa empuk itu akan jadi masa lalu yang buruk buat kamu. hihihihi.

Walaupun saya tidak mencoba, dalam menunya Saudagar Kopi menyediakan Kopi Kocok Rum. Hmmm… Sepertinya asoy ya? Apalagi tidak banyak lho tempat ngopi yang menyediakan racikan seperti ini.

 

Menu Saudagar Kopi

Menu Saudagar Kopi

Saya bukan orang yang bisa membedakan secara detail rasa kopi. Saya hanya tau oh ini kopinya enak, oh ini kopinya biasa aja, oh ini wangi kopinya membius, blablabla. Saudagar Kopi memberikan janji di motto mereka, “Because you deserves a good coffee”

Dengan design yang sederhana, dua bangku untuk satu meja, dan sofa empuk itu, konsep yang saya bisa tangkap di Saudagar Kopi adalah, keintiman dalam kenikmatan ngopi.

Nah. Banyak alasan untuk ngopi. Apa alasan kamu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: