Bukber Adaro: Bersama CJR Menghibur 1000 Tamu Istimewa

Apa yang terpikir ketika kamu melihat 1000an anak kecil bernyanyi dan menari bersama CJR, layaknya para penonton dewasa?

Rasanya campur aduk! Geli, senang, terharu, lucu, dan lain-lain. Jadi begini ceritanya, hari Jumat tanggal 17 Juni 2016 yang lalu, sebuah grup besar di dunia pertambangan Indonesia, Adaro Energy, mengadakan acara buka puasa bersama di Hall Basket Pasar Festival Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Buka puasa bersama ini mengundang para tamu istimewa yaitu 1000 anak yatim dari berbagai yayasan panti asuhan yang ada di sekitaran Jabodetabek.

Awalnya saya berpikir acara bukber ini hanyalah, mmmm tidak begitu jauh berbeda dengan acara bukber yang diadakan oleh instansi-instansi lain: mengundang anak-anak yatim, ceramah agama, makan, pembagian sumbangan, dan selesai. Tidak ada yang salah, sama sekali tidak. Hanya saya yang berpikir biasa-biasa saja mengenai acara Bukber Adaro ini, awalnya. Ternyata kemudian saya salah.

Saya tiba di lokasi sekitar jam 16:30, saat itu hall basket sudah dipenuhi oleh 1000an anak yatim yang sedang menonton film CJR, sementara karyawan, manajemen, dan tamu undangan belum terlihat, sepertinya mereka terjebak macet yang luar biasa di sepanjang jalur Kuningan.

DSC06916[1]

 

Selesai nonton, diadakan acara kuis dan bagi-bagi hadiah yang jumlahnya banyak banget. Pertanyaannya juga gampang, seputar puasa dan ilmu agama Islam lainnya. Acara dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Kang Rashied.

DSC06930-01[1]

 

DCIM100GOPROGOPR0582.

 

Jam berbuka pas tiba ketika Kang Rasyid membaca doa. Makanan ringan berbuka langsung dibagikan. Saat ini para karyawan, manajemen, dan tamu undangan sudah terlihat mulai berdatangan. Selain para manajemen, direksi, ada juga tamu undangan seperti Timur Pradopo dan Sandiaga Uno yang gantengnya ngalahin saya (hiks). Semua sholat Magrib berjamaah yang diimami oleh Kang Rashied.

Pak Boy Thohir, dalam sambutannya menjelaskan bahwa mengundang 1000 anak yatim ini adalah sebuah hal yang harus menjadi kebiasaan bagi Adaro Energy, walaupun seperti yang kita ketahui bahwa bisnis pertambangan sedang lesu beberapa tahun terakhir ini.

boy-thohir

Boy Thohir

 

Histeris Bersama CJR

Oh iya, sampai saat ini para anak yatim itu belum tahu lho bahwa CJR akan bernyanyi untuk mereka. Jadi, bisa terbayang ketika MC memberikan surprise dengan memanggil Iqbaal, Kiki, dan Aldi ke atas panggung. Mereka langsung berlarian merangsek merapat ke panggung, tidak perduli dengan para tamu undangan yang duduk lesehan di barisan paling depan. Bahkan Pak Timur Pradopo, mantan Kapolri itu, “ditabrak-tabrakin” aja oleh anak-anak kecil yang sungguh histeris menyambut CJR.

 

bersama-cjr

Penonton yang semuanya anak-anak langsung merangsek maju mendekati panggung untuk melihat aksi CJR

 

bersama-cjr

Seorang kakak panti yang rela menggendong adik panti agar dia ikut menikmati aksi CJR yang sengaja diundang oleh Adaro Energy

CJR yang dulunya bernama Coboy Junior memang sangat pintar di panggung, walaupun usia mereka yang  masih ABG. Komunikasi dengan penonton terjalin dengan apik. Menyapa semua penonton dengan hangat, baik yang masih anak-anak ataupun para generasi lawas dari karyawan Adaro Energy yang duduk di tribun. Para karyawan ini juga ikut bergoyang lho, walaupun malu-malu.

Penonton yang anak-anak itu langsung heboh banget ketika CJR bertanya siapa yang mau bernyanyi di panggung bersama mereka. Semua anak terutama yang perempuan berteriak mengacungkan jari. Dan ternyata yang beruntung adalah seorang anak yang duduk diam di tribun bernama Ade. Wah.

bersama-cjr

Ade yang tersipu-sipu dinyanyikan lagu “Kamu” oleh Aldi, Kiki, dan Iqbaal.

 

bersama-cjr

Bagaimana para comate? Sabar yaaaa. jangan ngiri yaaaaaa..

 

bersama-cjr

Sebelum mengajak bernyanyi, Iqbaal sempat membersihkan kacamata Ade lho. Sungguh beruntung kau Dek.

 

Wah pasti Ade enggak bisa tidur tuh malam itu, sampai besoknya kebayang terus. Total CJR membawakan 8 lagu, di antaranya Bidadari, Eaaaa, Kenapa Mengapa, Terhebat, dan lain-lain, termasuk lagu baru yang akan dimasukkan ke dalam film CJR yang release beberapa bulan lagi.

Acara nyanyi bersama CJR sudah selesai, terlihat muka-muka sumringah di antara anak-anak panti itu. Mungkin tidak pernah terbayang oleh mereka hari itu bisa menikmati aksi Iqbaal, Aldi, dan Kiki langsung di depan mata mereka, bahkan bisa bersalaman langsung.

Panitia kemudian membagikan kenang-kenangan berupa bingkisan berisi tas sekolah dan uang angpao untuk anak-anak itu yang dibagikan langsung oleh Pak Boy Thohir, Timur Pradopo, dan beberapa pejabat teras Adaro Energy.

 

DSC07025-01-01[1]

 

DSC07039-01[1]

 

DCIM100GOPROGOPR0602.

 

DSC07014-01[1]

 

Mereka Tamu Istimewa

Selesai semua acara, Pak Boy Thohir mengajak saya dan teman-teman ngobrol santai di panggung. Dari beliaulah saya tahu bahwa beliau memang terlibat serius di acara bukber Adaro ini, bukan hanya sebagai presdir yang mendelegasikan tugas kepada panitia lalu menerima laporan seusai acara selesai.

Pak Boy yang menentukan bahwa CJR lah yang menjadi bintang tamu, dan beliau sudah berkonsultasi dengan ustad apakah boleh mengundang artis di acara buka puasa dan bernyanyi-nyanyi? Ternyata kata pak Kang Rashied tidak apa-apa, malah bagus karena sesungguhnya para anak yatim itu menjadi tamu istimewa bagi Adaro Energy jadi sudah selayaknya membuat mereka senang.

Bahkan makanan yang disajikan malam itu berupa paket-paket dari Bakmi GM juga merupakan usul dan keinginan para anak yatim itu. Makanya sebagai tamu istimewa, Adaro dengan senang hati menyanggupi.

Pak Boy bercerita bahwa awalnya mereka terpikir hanya mengundang 500 anak yatim, tidak seperti sebelum-sebelumnya yang 1000 orang. Alasannya karena kondisi bisnis pertambangan yang tidak begitu bagus beberapa tahun terakhir ini. Tetapi suddenly Pak Boy Thohir tersadar bahwa tidak baik hitung-hitungan kalau ingin berbagi. Hanya dalam hitungan menit, keputusan mengundang 500 orang langsung diganti menjadi tetap 1000 orang.

DSC07051-01[1]

Blogger duduk santai bersama Boy Thohir setelah acara bukber

Banyak insight yang di dapat dari Pak Boy, senang rasanya. Kapan lagi coba? Beliau juga sangat senang bisa melihat wajah-wajah riang di 1000 tamu istimewa yang bernyanyi bersama CJR. Terimakasih ya Pak, dan semoga bisnis pertambangan bisa kembali cepat bergairah seperti beberapa tahun yang lalu.

 



 

 

 

 

6 Responses to “Bukber Adaro: Bersama CJR Menghibur 1000 Tamu Istimewa

  • Udah 2 kali diundang ke acara bukber Adaro. Tahun ini gak sempat ngobrol sama Bapak, tapi alhamdulillah tahun lalu iya. Saya sangat terkesan dengan pribadi beliau yang humble dan pemurah. Family man juga. Sukses luar dalam. 🙂

  • Bahagia rasanya melihat anak-anak panti itu bahagia 🙂

  • Itu kaca mata si cewe yg dipanggil ke atas panggung ampe berembun gitu ya huahaha … 😀 Seru seruuu!

  • ‘keseruan’ melihat anak-anak yang histeris…seprtinya semua yang hadir ‘meluap’ bahagia

Leave a Reply

%d bloggers like this: