9 Blog Dengan Gaya Penulisan Memukau

Youtube itu untuk video. Instagram itu untuk foto. Dan blog itu untuk menulis. Cita-cita awalnya adalah seperti itu. Mungkin pada awal pertama kali diciptakan beberapa tahun lalu, tidak ada yang menyangka bahwa semua platform media sosial tersebut bisa menjadi tempat untuk mendatangkan uang dengan jumlah yang fantastis. Sudah banyak sekali orang yang menikmati fulus dari situ, dan brand besar ataupun kecil sadar bahwa memanfaatkan sosial media sangat effektif dalam beriklan.

Blog, blogger, sudah lama muncul sebelum ada youtube, instagram, twiter, dan yang baru-baru ini, stellar. Blog itu diary online tempat kita menulis. Ada yang sengaja membuat blog untuk mencari uang, ada yang cuma untuk curhat, ada yang untuk pamer, ada yang buat jualan.  Ada yang membayar orang lain untuk menulis di blognya seperti ghost writer, ada yang mengcopy-paste hasil karya orang lain. Macam-macam.

Saya suka berkunjung ke blog-blog orang, kadang meninggalkan jejak, kadang cuma numpang kentut. Ada beberapa blog yang rajin saya datangi kembali. Alasannya karena apa? Mereka mampu memberikan sebuah tulisan yang memukau. Walaupun terkadang tanpa gambar tanpa foto, tetapi cukup dengan membaca tulisan saya sudah merasakan orgasme dari pemikiran mereka.

tulis-tangan

Bagi saya pribadi, karena blog itu karya tulis, jadi apapun kontennya, harus mampu membuat pembacanya tertarik karena gaya penulisan. Entah itu menggunakan bahasa Indonesia EYD atau tidak, bukan menjadi soal.  Hilman Hariwijaya sukses menulis Lupus dengan gaya tulisan yang nganak muda. Sementara Sapardi Djoko Damono sukses dengan gaya sastra. Kepada merekalah banyak orang berguru. Mana yang lebih hebat? Tidak bisa kita menilai seperti itu. Bukan tidak bisa, tetapi tidak boleh. Karena karya  seni itu berasal dari rasa, dan rasa/perasaan itu personal.

Saya menampilkan beberapa blog yang menurut saya bisa menjadi tempat yang bagus buat kita belajar menulis. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan gaya. Beberapa di antara mereka setahu saya sudah pernah menulis buku. Walaupun nyinyir itu bebas, kalian jangan nyinyir, “ya iyalah tulisannya bagus, mereka kan penulis!” Justru kalau ingin bisa menulis dengan bagus, belajarlah kepada penulis yang bagus. Bukan belajar kepada penulis abal-abal, apalagi belajar kepada pemain bola. Satu hal lagi yang harus diingat; belajar bukan berarti meniru! Terinspirasi boleh, tapi meniru jangan.

Jadi ingat dulu saya pernah kultwit tentang Band  The Tielman Brothers asal Indonesia yang ngetop di Belanda/Eropa. Mereka sudah ada sebelum The Beatles. Paul McCartney pernah menonton dan terinspirasi dengan aksi The Tielman. Lalu ada seorang Beatles mania yang marah-marah tidak setuju, katanya kalau memang Paul terinspirasi, kenapa Paul tidak melakukan atraksi seperti pemain bass The Tielman yang nginjak-nginjak bass? Kepada orang seperti ini saya malas berdebat, buat apa? Memahami arti kata “terinspirasi” aja dia sudah gagal.

Okeh, daripada kepanjangan, ini blog dengan gaya penulisan memukau itu. Urutan ini bukan berarti peringkat ya. Bebas.

kurangpiknik.tumblr.com

Siapa jiwa di balik akun kurangpiknik ini? Dia adalah Zen RS. Kalau kita cari di google, akan banyak menemukan namanya. Pernah menulis novel  yang menarik, Jalan Lain ke Tulehu (Sepakbola dan Ingatan yang Mengejar), yang ditulis sebagai bagian dari produksi film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. Pertama kali saya follow akun dia di twitter karena sering membahas tentang bola melalui pengetahuan yang mendalam. Belakangan dia sudah jarang ngetwit. Sekarang sepertinya fokus di panditfootball.com.

Gaya penulisan si Zen ini lugas, berani, walaupun bisa meledak, tetapi emosinya terukur. Tulisan dia di akun kurangpiknik itu lebih mengarah pada esai, menurut saya. Berisi mengenai pemikiran dan kegelisahannya yang cerdas. Bukan jurnal apalagi cerita traveling.

amrazing.com

Dia seperti bocah ajaib, raja midas yang membuat semua menjadi emas hanya dengan sentuhan. Aktivis media sosial kalau belum pernah mendengar namanya rasanya aneh, amrazing.com alias Alexander Thian. Sudah menulis dua buku, The “not” so amazing life of @aMrazing; dan Somewhere only we know.

Tulisannya bisa lucu, bisa mengharu biru, bisa membuat kita meneteskan air mata. Menurut saya, salah satu masterpiecenya di blog itu ketika dia menceritakan cerita cinta tentang kucingnya, Jason dan Ivy dalam True Love. Dengan sederhana Alex membawa kita masuk ke dalam cerita yang dilengkapi oleh foto-foto, lalu tanpa sadar di bagian akhir cerita yang terdiri dari dua bagian itu kita akan menghela nafas atau menyeka air mata.

rahneputri.com

Dulu beberapa tahun lalu, ketika twiter masih lucu-lucunya, Rahne adalah orang di balik akun twiter @anjinggombal bersama JonathanEnd. Lalu dia juga suka bermain kata-kata manis dan puitis di timeline bersama Zarry Hendrik. Rahne juga pernah menulis buku puisi berjudul Sadgenic.   Tulisan Rahne itu  romantis, tetapi tidak menyak-menyek. Bahkan di Sadgenic, dia mampu membuat sebuah kesedihan menjadi megah, bukan cengeng.

Di rahneputri.com, apalagi kalian yang wanita, coba buka tulisan tentang Muasal Trah Kandara Biru, anak lelakinya Rahne. Baca dan jangan lupa di bagian akhir dengarkan lagu yang dia rekam ketika menyanyi untuk Trah. Tulisan dan lagu itu menjadi satu hal yang indah, tidak bisa dipisahkan. Indah, indah banget.

medium.com/@hurufkecil

Iya, dia si Aan Mansyur, orang yang dipilih oleh Mira Lesmana untuk menulis puisi di film Ada Apa Dengan Cinta 2. Sudah menulis beberapa buku, di antaranya Melihat Api Bekerja.

Aan memang puitis. Dulu dia punya blog di wordpress.com, tetapi sudah sekian tahun tidak pernah update, dan sekarang akunnya ada di medium.com. Walaupun saya bukan seorang penggemar puisi sejati, tetapi beberapa tulisannya mampu membuat saya berpikir dalam.

shitlicious.com

Alitt!!!! Seorang penulis buku juga, di antaranya Skripshit. Katanya sih belum lulus kuliah sampai sekarang. Di blognya shitlicious.com, Alit suka menulis dengan panjaaaaaang banget. Tetapi membacanya tidak terasa, mengalir saja. Kebanyakan bercerita tentang pengalaman hidupnya yang dulu sangat pait. Dia bisa membuktikan bahwa dengan menjadi penulis, seseorang bisa mengubah nasib. Gaya penulisan Alit dan fans blognya kebanyakan para ABG.

zulhaq.com

Zia Ulhaq, berdomisili di Balikpapan. Dia pasti mikir saya bercanda dengan memasukkan namanya di sini. Padahal saya serius. Zia juga pernah menulis buku berjudul Home Tweet Home. Sesuai dengan mukanya, tulisan Zia itu lucu, sering membuat kita tertawa, tetapi lucunya tidak murahan. Dia suka menertawakan kehidupannya.

Terakhir di zulhaq.com dia menampilkan foto-foto hasil editan teman-teman, foto Zia ketika masih alay, bercelana jins, blazer ga dikancing, tanpa daleman, mempertontonkan selembar dadanya yang nganu. Zia itu kalau menjual barang di toko online, iklannya itu khas, panjang seperti cerpen, padahal intinya dia cuma mau jual motor.

dennysiregar.com

Terus terang saya baru beberapa hari ini membaca tulisan Denny Siregar. Sebelumnya saya tidak tahu. Di Facebook, ada seorang teman baru saya yang suka membagi tulisannya, setelah saya baca ternyata lumayan menarik juga. Denny suka menulis mengenai politik dengan gayanya yang sangat khas: satir. Tulisannya di dennysiregar.com juga dia tampilkan di status  Facebook yang biasanya di share banyak orang.

Hebatnya Denny sangat aktif menulis, setiap hari selalu ada update, kadang lebih dari satu postingan. Kabar yang terakhir saya baca, saat ini Denny diminta oleh penerbit buku Mizan untuk mengumpulkan tulisannya itu ke dalam sebuah buku.

linimasa.com

Haha, jangan heran kalau saya juga memfavoritkan linimasa, walaupun sebenarnya terdiri dari banyak penulis, seperti Glenn Marsalim, Gandrasta Bangko, Agun Wiriadisasra, Dragono Halim, Farah Dompas, Nauval Yazid, Leila Safira dan Roy Sayur.

Setiap hari secara bergantian mereka akan memberikan satu tulisan tentang hal-hal ringan mungkin tidak begitu terpikir oleh kita tetapi sebenarnya penting. Karena banyak penulis, jadi gaya penulisan juga berbeda-beda. Yang jelas mereka mencoba menyentuh pembaca seperti yang mereka tuliskan di tag blognya,”karena internet lebih butuh banyak hati”.

puthutea.com

Aslinya dia seorang cerpenis, dan seorang aktivis juga. Karyanya? Buanyak. Dia sering menulis   naskah drama yang beberapa kali sudah dipentaskan, puisi-puisi dalam bahasa Jawa, dan tentu saja cerpen yang ratusan jumlahnya. Gaya bahasanya, ya sastra. Tidak ada gambar atau foto di setiap postingan blognya di puthutea.com, dan saya rasa itu tidak perlu. Kita cukup membaca tulisannya dan terpesona.

Nah, itulah menurut saya tentang 9 blog dengan gaya penulisan memukau. Sebenarnya masih banyak lagi, tetapi untuk kali ini rasanya cukup segini. Oh iya, ada beberapa blog yang bagus juga tulisannya, tetapi karena sudah sekian tahun tidak update, jadi saya tidak masukkan di sini. Saya yakin kalian punya idola sendiri yang mungkin saya tidak tahu, silahkan tambahkan di kolom komentar ya, biar referensi kita semakin kaya.



30 Responses to “9 Blog Dengan Gaya Penulisan Memukau

  • Amrazing dan Rahne suka ke blognya, apalagi mantengin tweet mereka. Sukak! Kayaknya anjinggombang ud mati ya 🙁 padahal dulu suka juga sama tweet mereka.
    Pernah baca bukunya Rahne dan nyess.. Bagusss! Suka sama diksinya yg tersusun rapi dan membuai pembacanya.

    Klo Bang Denny lebih prefer ke akun FB nya hehehe lebih update sih 😀 dan selalu bikin pengetahuan bertambah bacanya #eaaa

    Aan Mansyur sama Zulhaq lebih ke twitternya 😀

    Ada satu blog yg kemarin suka banget saya kunjungin karena tulisannya lucu, dia terkenal juga di twitter. Nah, masalahnya saya lupaaaa huhuhuhu *digiles*

    Btw, tfs kak!

  • Terharu!
    Itu postingan bergambar dan berbulu dada rhoma irama, idemu loh! Many thanks. *sungkem*

  • Pilihan yang keren2 mas. ??????

  • Lagi pengen blogwalking dan nemu artikel ini, jadi deh menjelajahi blog2 yg bagus dan inspiratif itu..

    Makasih artikelnya yaaa…

  • Setuju dengan pembukaan dari Mas. Karena pada akhirnya blog favorit setiap orang berbeda, tergantung cita rasa. Btw, thanks for sharing this Mas. Beberapa ada yang menjadi favorit saya

  • wah sekarang jadi tau bloger2 yang hietz

  • Terima kasih sudah membahas blog blog yang keren ini Mas Dolly. Nanti mau saya kepoin dan follow:)

  • Beberapa blog itu sudah saya kunjungi. Salut deh buat penulisnya.

  • saya kebetulan pengunjung setia blognya bang Denny Siregar, suka dengan analisis dia dengan bahasa yang kekinian..

    Terimakasih bang, sudah berkunjung ke blog saya.

  • Setuju sama semua pilihanmu, Mas. Aku juga banyak belajar dari mereka. Zulhaq sih emang bangke. Intinya seiprit, diceritakan panjang tapi pembaca tidak sadar kalau sedang diajak berputar-putar.

  • mrazing sih yg paling sering aku baca.. Tapi akhir2 ini lagi suka banget ama tulisannya mas denny siregar . Itu kalo udh baca tulisan dia, berasa langsung optimis ama negeri sendiri 😀

    • Iya, bang Denny akhir2 ini on fire. Apalagi makin banyak yg share tulisan di di fesbuk.

  • baca-baca informasi seperti ini, mengunjungi blog lain, salah satunya baca blog mas, memberikan inspirasi adn semangat untuk terus berbagi tanpa henti, untuk terus menulis 🙂

    o ya lupa salam kenal mas

  • lah blog ini juga keren ^^

    pertamanya cuman gegara kopi2an aja sih sukanya *maap
    trus baca artikel yg ini (setuju ttg rahne!) hmm suka juga bacanya.. salam kenal ya..

  • Saya juga penggemar Linimasa.com walau kadang bacanya dirapel sekaligus 1 minggu. Nggak semua penulisnya cocok dengan selera membaca saya, tapi kurang lebih sudah dapat memuaskan kebutuhan bacaan ringan tapi berisi lah ya 🙂

    Btw, baru pertama kali mampir ke blog ini, saya suka tampilannya, clean & neat 🙂

    • Makasih. Baru ganti baju. Sayangnya banyak foto2 dari postingan lama yg ga bisa muncul

  • langsung approve friend req-nya
    terus liat blognya.
    terus penasaran sama zulhaq.com-nya.
    hahahaha

  • Artikelnya keren mas. Jadi bisa tahu lebih banyak blogger hebat di negeri ini yang bisa jadi inspirasi. salam kenal mas sambil ngopi 🙂

  • setuju kakk. memberi sudut pandang lain atas suatu hal. salam…

Leave a Reply

%d bloggers like this: